Berikut adalah contoh Proposal Bisnis yang saya buat untuk memenuhi tugas kuliah, selamat menyimak.
PROPOSAL BISNIS
SI HITAM MANIS DARI CIAMIS
Nama : Sucipto
Kelas : OM 10 D
LP3I
TASIKMALAYA
Jl. Ir. H. Djuanda No.
106 KM 2 Rancabango Telp.(0265)311766
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena
atas rahmat dan keridoannya, saya bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya
Allah akan bermanfaat bagi saya dan umumnya masyarakat.
Si Hitam Manis Dari Ciamis ialah nama yang saya buat
untuk kegiatan usaha ini,yang begerak di bidang produksi Galendo yang merupakan
makanan khas dari Ciamis.
Saya sangat berterima kasih
kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran, dan masukan–masukannya
untuk kelancaran pembuatan proposal bisnis ini.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Bab I Profil Usaha
A. Deskripisi
Umum Perusahaan ..........................................................................
B. Jenis
Usaha yang Dikelola .................................................................................
Bab II Kegiatan Pemasaran
A. Lingkungan
Usaha.............................................................................................
B. Kondisi
Pasar....................................................................................................
C. Rencana
Pemasaran...........................................................................................
Bab III Faktor Penghambat
dan Pendukung
A. Faktor
Penghambat............................................................................................
B. Faktor
Pendukung.............................................................................................
C. Analisis
SWOT..................................................................................................
Bab IV Aspek Produksi
A. Lokasi Usaha ....................................................................................................
B. Fasilitas dan Peralatan Produksi........................................................................
C. Bahan Baku.......................................................................................................
D. Proses Produksi.................................................................................................
Bab V Aspek Keuangan
A. Drap Anggaran..................................................................................................
Bab VI Penutup
A. Antisipasi Masa Depan.....................................................................................
B. Kesimpulan........................................................................................................
BAB I
PROFIL USAHA
A. Deskripsi Umum Perusahaan
Si Hitam Manis Dari Ciamis ini
merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan
Galendo yang merupakan makanan khas dari Ciamis dan saya ingin memperkenalkannya
kepada masyarakat umum di luar daerah.
B.
Jenis Usaha Yang Dikelola
Jenis usaha saya di bidang
makanan kuliner khas daerah tempat tinggal. Saya memilih usaha di bidang
makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan, skill dan karena ciamis
adalah penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat sehingga memudahkan dalam proses
produksiya, serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.
BAB II
KEGIATAN
PEMASARAN
A. Lingkungan Usaha
Di Ciamis tepatnya di Sindangkasih
jenis usaha di bidang makanan khususnya galendo memiliki peluang yang sangat
menjanjikan, karena makanan adalah kebutuhan primer manusia, ditambah lagi
dengan banyaknya siswa – siswi SMAN 1 Sindangkasih serta berbatasan langsung
antara Ciamis - Tasik dan penduduk di Sindangkasih dan sekitarnya,
sehingga mudah di akses oleh
konsumen dari dua kota sekaligus.
B.
Kondisi Pasar
Jika melihat
kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah
cukup banyak. Tetapi, saya menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari
produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak,
ukuran yang lebih besar, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan
higienis. Dengan ini, saya yakin produk yang saya miliki mampu bersaing dan
laku dipasaran.
C.
Rencana Pemasaran dan Segmentasi
Pasar
Untuk segmentasi pasarnya, dengan
usaha makanan ini yang di tujukan untuk konsumen remaja sampai dewasa, maka
saya akan menambah pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agen yang
mau menjualnya, sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan
usaha ini.
BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
A.
Faktor Penghambat
1. Banyaknya usaha yang sama
2. Harga
bahan baku yang tidak stabil.
Tapi saya sudah merencanakan
untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan
berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan.
Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak
stabil, saya menyiasatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada petani
setempat agar memperoleh harga yang lebih murah.
B.
Faktor Pendukung
1. Kondisi tempat, dan peralatan yang memadai.
2. Higienis dan harga yang relatif terjangkau.
3. Mudah mendapatkan bahan baku.
C. Analisis SWOT
Ø Strength
·
Inovasi rasa
yang berbeda dengan produk lainya.
·
Harga produk ekonomis dan higienis.
Ø Weakness
·
Kurangnya modal
untuk menjalankan bisnis ini.
·
Kurangnya SDM.
·
Harga bahan baku tidak stabil.
Ø Opportunity
·
Budaya masyarakat yang konsumtif.
·
Banyak mitra usaha yang bisa membantu.
Ø Threat
·
Banyak kompetitor yang bergerak di bidang yang sama
khususnya di daerah Ciamis.
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
A.
Lokasi Usaha
Usaha ini berlokasi di jalan raya
Sindangkasih.
Saya memilih lokasi tersebut,
karena tempatnya dekat dengan daerah pemasaran yaitu dekat dengan sekolah -
sekolah , dan warung-warung yang dekat dengan lokasi usaha tersebut serta jalan
utama sehingga banyak di lalui kendaraan dari luar kota.
B.
Fasilitas Dan Peralatan Produksi
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Kompor gas
|
2 buah
|
Rp. 800.000,-
|
Katel
|
1 buah
|
Rp. 40.000,-
|
Penyaring
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Tabung Gas
|
2 buah
|
Rp. 200.000,-
|
Pengocok
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Plastik
|
-
|
Rp. 50.000,-
|
Baskom
|
4 buah
|
Rp. 80.000,-
|
Lain-lain
|
-
|
Rp. 100.000,-
|
TOTAL JUMLAH
|
Rp.1.300.000 ,-
|
C.
Bahan
Baku
I. Galendo
Original
|
||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Telur
|
1 kg
|
Rp. 29.000,-
|
Galendo
|
100 gr
|
Rp. 4.000,-
|
Terigu
|
1 kg
|
Rp. 12.000,-
|
Gula Pasir
|
1 kg
|
Rp. 11.500,-
|
Margarine
|
-
|
Rp. 5.000,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 61.500,-
|
I. Galendo
Coklat
|
||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Telur
|
1 kg
|
Rp.29.000,-
|
Galendo
|
100 gr
|
Rp. 4.000,-
|
Terigu
|
1 kg
|
Rp. 12.000,-
|
Gula Pasir
|
1 kg
|
Rp. 11.500,-
|
Margarine
|
-
|
Rp. 5.000,-
|
Coklat Bubuk
|
100 gr
|
Rp. 7.000
|
Jumlah Total
|
Rp. 68.500,-
|
JENIS MAKANAN
|
BIAYA
|
I. Galendo
Original
|
Rp. 61.500,-
|
II. Galendo
Coklat
|
Rp. 68.500,-
|
TOTAL BIAYA
|
Rp. 130.000,-
|
D. Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini diantaranya :
·
Menyiapkan bahan yang akan digunakan
·
Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan
·
Memulai proses pengerjaan
·
Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih baik
(finishing).
BAB V
ASPEK KEUANGAN
A. Drap Anggaran
·
Rencana
produksi
1. Jenis produk
= Galendo (Original, Coklat)
2. Jumlah produksi
= 50 bungkus/hari = 1.500 bungkus/bulan
·
Biaya tetap
1. Sewa
rumah
= Rp. 700.000 / bulan
2. Peralatan
= Rp.1.300.000
+
Jumlah
Rp.2.000.000
·
Biaya variabel
1. Bahan
baku
= Rp. 130.000/ hari
= Rp. 3.900.000/
bulan
2.
Listrik = Rp.
100.000/bulan +
Total
Cost = Rp.
4.000.000
·
Harga dan BEP
§
Harga Pokok = Total Cost/Jumlah produksi
= Rp. 4.000.000/1.500
= Rp. 2.666.6 di bulatkan Rp.
3.000/bungkus
§
Harga Jual = Rp. 5.000
§
BEP = (5.000-3.000) x
= 2.000.000
x = 2.000.000/2.000
x = 1000
Maka, 1000/50 = 20 hari
BAB VI
PENUTUP
A. Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, saya tidak akan membiarkan usaha ini berjalan
secara mendatar. Saya akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan, agar
para peminat dan konsumen puas atas produk yang saya buat. Karena apabila
kualitas produk tidak saya tingkatkan, kemungkinan besar usaha ini tidak akan
maju, dan terancam bangkrut.
B. Kesimpulan
Menurut saya usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan.
Saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang, karena dengan
bahan dasar yang mudah di dapat, dan lokasi usaha yang strategis. Saya sadar bahwa
usaha ini tak akan langsung berkembang pesat, tapi saya akan terus berjuang
untuk mencoba dan mengembangkan usaha ini.
1 comments so far