Salam saudaraku, kali ini saya akan menulis tentang cara menulis proposal bisnis.
Sesuai yang di contohkan Rasullullah SAW yang merupakan seorang wirausaha yang sukses serta jujur, sehingga membuat saya tertarik untuk belajar bisnis dan salah satunya menulis proposal bisnis.
ok selamat menyimak !
- Pengertian proposal bisnis adalah rencana tertulis yang memuat misi dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/permodalan, susunan para pemilik dan manajemen serta bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya.
- Langkah - langkah persiapan menulis proposal bisnis :
- Identitas perusahaan
- Target pasar
- Layak jual atau tidak
- Penyerapan pasarnya
- Kemampuan produksi
- Biaya produksi
- Modal awal
- Kelebihan dan kekurangan
- Sifat dan karakter perencanaan proposal bisnis :
- Faktual
- Fleksibel
- Berkesinambungan
- Dialektis
- Alasan penting penyusunan proposal bisnis :
- Merupakan pernyataan inisiatif calon wirausaha untuk membuka usaha
- Merupakan fokus tujuan yang ingin dicapai oleh personil - personil yang ada dalam perusahaan
- Usaha mengundang orang atau pihak tertentu yang berpotensi untuk bergabung dan bekerjasama dalam usaha
- Dapat digunakan untuk mengatur kerjasama
- Manfaat proposal bisnis :
- Membantu berfikir praktis dan obyektif tentang usaha
- Membantu dalam bersaing
- Untuk mengkomunikasikan gagasan usahanya kepada pihak lain
- Dapat digunakan untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang dicapai
- Membantu wirausaha untuk mengembangkan dan menguji strategi serta hasil yang diharapkan.
- Kerangka proposal Bisnis :
- Latar belakang perusahaan
- Biodata pemilik atau pengurus
- Struktur organisasi
- Susunan pemilik atau pemegang saham
- Analisis produk
- Produk atau jasa yang ditawarkan atau dihasilkan
- Proses produksi
- Bahan baku yang digunakan
- Kapasitas produksi
- Rencana pengembangan produksi
- Analisis pasar dan pemasaran
- Gambaran pasar atau potensi pasar
- Target dan segmen pasar yang di tuju
- Trend pengembangan pasar
- Proyeksi penjualan (target penjualan dalam satu periode)
- Strategi pemasaran (promosi dan sosialisasi)
- Saluran distribusi
- Analisis pesaing
- Analisi SDM
- Analisis kompetensi SDM
- Analisis kebutuhan SDM
- Rencana kebutuhan pengembangan SDM
- Rencana pengembangan usaha
- Pengembanagan dari segala bidang
- Tahapan pengembangan usaha (waktu pengembangan)
- Analisis keungan
- Rincian investasi awal atau modal awal
- Rincian biaya produksi
- Analisis laba rugi dan BEP
- Lampiran (perijinan, photo produk, surat penawaran kerjasama)
- BEP yaitu titik impas dimana keadaan jumlah pendapatan dan biaya sama atau seimbang sehingga tidak terdapat keuntungan maupun kerugian. BEP ini digunakan untuk menganalisis proyeksi sejauh mana banyaknya jumlah unit yang diproduksi atau sebanyak apa uang yang harus diterima untuk mendapatkan titik impas atau balik modal.
- Positioning yaitu bagaimana suatu perusahaan memosisikan suatu produk di benak pelanggan atau konsumennya.
- Marketing mix -- 7P : product, price, place, promotion, proses, people, physical evidence.
- Targeting yaitu setelah memetakan selanjutnya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar atau tuju.
- Segmen pasar yaitu upaya untuk memetakan atau dengan memilah-milah konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
- Modal awal yaitu modal yang harus dikeluarkan di awal membuka usaha dan biasanya digunakan untuk jangka panjang. Misalnya sewa bangunan, promosi dan lain sebaginya.
- Biaya produksi adalah semua pengeluaran ekonomis yang harus dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang. Biaya produksi juga merupakan pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan faktor - faktor produksi dan bahan baku yang akan digunakan untuk menghasilkan suatu produk.
Demikian materi tentang Proposal Bisnis, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.