Thursday 1 June 2017

Contoh Makalah Peranan Sumber Daya Manusia dalam Manajemen Operasi

MAKALAH
PERANAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MANAJEMEN OPERASI






Disusun Oleh :
Siti Aisyah
Sucipto
Sofi Adi Kurnia
Yogi Putra Pradana

PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS WINAYA MUKTI BANDUNG









KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat, nukmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini yang berjudul “Peranan Sumber Daya Manusia Dalam Manajemen Operasi” dengan baik. Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah Manajemen Operasi di Universitas Winaya Mukti Bandung.
Dalam penulisan makalah ini, kami merasa banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi yang disampaikan, mengingat akan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan ini, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada Dosen kami Bapak H.Riza Faisal,S.IP.,MM yang telah memberikan tugas dan petunjuk kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini.  






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................ 1
KATA PENGANTAR......................................................................................... 2
DAFTAR ISI......................................................................................................... 3

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang....................................................................................... 4
1.2. Rumusan Masalah.................................................................................. 5
1.3. Tujuan Penulisan.................................................................................... 5
1.4. Kegunaan Penulisan............................................................................... 5
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Sumber Daya Manusia......................................................... 6
2.2. Manajemen Operasi............................................................................... 7
2.3. Peranan Sumber Daya Manusia dalam Manajemen Operasi.................. 8
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan.......................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA








BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Sumber daya adalah segala sesuatu yang merupakan aset perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dikategorikan atas empat tipe sumber daya, seperti finansial, fisik, manusia dan kemampuan teknologi. Sumber daya finansial merupakan salah satu unsur penting dalam rangka membentuk perusahaan yang maju dan terus berkembang karena berhubungan dengan saham yang merupakan modal utama dalam membangun sebuah perusahaan dan mengembangkan serta melanjutkan perusahaan tersebut.
Sumber daya fisik merupakan sumber daya yang menyangkut penunjang secara fisik berdirinya suatu perusahaan seperti alat-alat kelengkapannya. Sumber daya manusia merupakan sektor sentral dan penting dalam rangka pencapaian tujuan di suatu perusahaan, karena dengan adanya kemampuan skill para pekerja dan kualitas sumber daya manusia dapat menggerakan perusahaan dengan baik dan benar. Kemampuan teknologi juga merupakan unsur penunjang penting dalam menggerakan perusahaan, karena dengan adanya kelengkapan teknologi dan kecanggihan teknologi akan memudahkan berjalannya suatu perusahaan.
Dari keempat sumber tersebut aspek yang terpenting yaitu manusia, karena manusia merupakan penggerak terpenting dalam perusahaan. Maju dan tidaknya perusahaan tergantung pada pengelolaan sumber daya manusia, ini dapat dilakukan dalam suatu perusahaan atau oleh suatu departemen tertentu.
Prinsip dasar manajemen merupakan suatu proses pengambilan keputusan yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi. Sehubungan dengan hal ini, manajemen operasi merupakan proses pengambilan keputusan tentang penggunaan sumber daya dari kegiatan produksi dalam rangka menghasilkan barang atau jasa sehingga mencapai sasaran yaitu tepat waktu, tepat jumlah, tepat mutu, dengan alokasi biaya yang efisien dan efektif.

1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang tentang permasalahan diatas, maka dapat dibuat suatu rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasi ?
2.      Bagaimana peranan Sumber Daya Manusia dalam Manajemen Operasi ?

1.3. Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui pengertian Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasi.
2.      Mengetahui peranan Sumber Daya Manusia dalam Manajemen Operasi.

1.4. Kegunaan Penulisan
Bagi para pembaca umumnya dan khususnya bagi rekan-rekan mahasiswa, makalah ini dapat menjadi referensi serta menambah wawasan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia dan peran atau fungsinya dalam Manajemen Operasi dalam sebuah instansi atau perusahaan.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Sumber Daya Manusia
Berikut ini pengertian SDM menurut para ahli :
1.      Sonny Sumarsono (2003, hal : 4), Sumber Daya Manusia atau Human Recources mengandung dua pengertian. Pertama, adalah usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi. Dalam hal lain SDM mencerminkan kualitas usaha yang diberikan oleh seseorang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan barang dan jasa. Pengertian kedua, SDM menyangkut manusia yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja tersebut. Mampu bekerja berarti mampu melakukan kegiatan yang mempunyai kegiatan ekonomis, yaitu bahwa kegiatan tersebut menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau masyarakat.
2.      M.T.E. Hariandja (2002, hal : 2) Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan disamping faktor yang lain seperti modal. Oleh karena itu SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.
3.      Hasibuan (2003, hal : 244) Pengertian Sumber Daya Manusia adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu. Pelaku dan sifatnya dilakukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya.



2.2. Manajemen Operasi
Manajemen Operasi menurut para ahli :
1. Jay Heizer dan Berry Rander (2009:4)
Menurut Jay Heizer dan Berry Rander menyatakan bahwa manajemen operasional ialah sebuah serangkaian kegiatan yang menghasilkan sebuah nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah suatu input menjadi output.
2. Eddy Herjanto (2007:2)
Eddy Herjanto menyatakan bahwa manajemen operasional ialah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan sebuah barang, jasa dan kombinasinya, yang melalui proses transformasi dari sumber daya produksi yang menjadi keluaran yang diinginkan.
  3. William J. Stevenson (2009:4)
Menurut William J. Stevenson menyatakan bahwa manajemen operasional ialah sebuah sistem manajemen atau serangkaian proses dalam suatu pembuatan produk atau penyediaan jasa.

Ciri – ciri karakteristik Manajemen Operasio menurut Zulian Yamit (2003) :
1. Memiliki sebuah tujuan yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa.
2. Memiliki sebuah kegiatan yaitu dalam kegiatan proses transformasi.
3. Adanya suatu mekanisme yang mengendalikan suatu pengoperasian.

Tujuan Manajemen Operasi :
1. Efficiency (meningkatkan efisiensi). Untuk meningkatkan efisiensi dalam perusahaan.
2. Productivity (meningkatkan efektivitas). Untuk meningkatkan efektivitas dalam perusahaan.
3. Economy (Mengurangi Biaya). Untuk mengurangi biaya dalam kegiatan perusahaan.
4. Quality (Meningkatkan Kualitas). Untuk menigkatkan kualitas didalam perusahaan.
5. Reduced Processing Time (Mengurangi waktu proses produksi). Untuk mengurangi waktu proses produksi didalam sebuah perusahaan.

2.3. Peranan Sumber Daya Manusia dalam Manajemen Operasi
Adapun peranan atau fungsi SDM dalam Manajemen Operasi menurut Flippo (1984), De Cenzo and Robbins (1996), Milkovich and Boudreau (1997) yaitu :
1. Peran atau Fungsi Perencanaan
Dalam perencanaan, Manajer Operasi untuk menentukan suatu tujuan subsistem operasi dari suatu organisasi dan mengembangkan sebuah program, kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan itu. Dalam tahap ini mencakup sebuah penentuan peranan dan fokus dari operasi, termasuk dalam  perencanaan produk, perencanaan fasilitas dan perencanaan penggunaan sumber daya produksi.
2. Peran atau Fungsi Pengorganisasian
Dalam pengorganisasian, Manajer Operasi menentukan sebuah struktur individu, grup, seksi, bagian, divisi atau departemen dalam suatu subsistem operasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Begitu juga ketika manajer operasi dalam menentukan kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan operasi serta untuk mengatur wewenang dan tanggung jawab yang diperlukan dalam melaksanakannya.
3. Peran atau Fungsi Penggerakan
Manajer operasi ini memiliki fungsi yang dilaksanakan dengan memimpin, mengawasi dan memotivasi karyawan untuk melaksanakan tugas.
4. Peran atau Fungsi Pengendalian
Manajer Operasi mempunyai peran atau fungsi untuk mengembangkan sebuah standar dan jaringan komunikasi yang diperlukan agar sebuah pengorganisasian dan penggerakan sesuai dengan yang direncanakan dan mencapai tujuan.

5. Pengembangan Tenaga Kerja
Pengembangan tenaga kerja merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan–peningkatan kualitas tenaga kerja sehingga dapat mengurangi ketergantungan organisasi untuk menarik karyawan baru. Adapun tujuan pengembangan Sumber Daya Manusia diarahkan untuk merubah Sumber Daya Manusia yang potensial tersebut menjadi tenaga kerja yang produktif, serta mampu dan terampil sehingga menjadi efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi. Pengembangan tenaga kerja dapat dilakukan dengan mengadakan pendidikan dan latihan yang rutin, promosi serta mutasi.
6. Pemeliharaan Tenaga Kerja
Di dalam pemeliharaan tenaga kerja ada pelaksanaan aspek ekonomis dan non ekonomis yang diharapkan dapat memberikan ketenangan kerja dan konsentrasi penuh bagi pekerja guna menghasilkan prestasi kerja yang di harapkan oleh organisasi. Aspek ekonomis berhubungan dengan pemberian kompensasi yang berupa gaji dan bonus yang sebanding dengan hasil kerjanya. Aspek non-ekonomis berupa adanya jaminan kesehatan, kesejahteraan dan keamanan serta kenyamanan dalam bekerja. Adanya kegiatan pemeliharaan tenaga kerja yang memadai akan memperkecil adanya konflik antara tenaga kerja dengan pemberi kerja.
Dalam pemeliharaan sumber daya manusia ada beberapa yang perlu dikaji antara lain tentang kepuasan kerja karyawan, pengelolaan konflik, motivasi karyawan dan komunikasi yang terjadi dalam organisasi.


BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Berdasarkan uraian sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa peranan atau fungsi Sumber Daya Manusia dalam manajemen Operasi yaitu :
1. Peran atau Fungsi Perencanaan.
2. Peran atau Fungsi Pengorganisasian.
3. Peran atau Fungsi Penggerakan.
4. Peran atau Fungsi Pengendalian.
5. Pengembangan Tenaga Kerja.
6. Pemeliharaan Tenaga Kerja.

Jadi, urgensi atau seberapa vital peranan adanya Sumber Daya Manusia sangatlah berpengaruh bagi sebuah organisasi, instansi dan perusahaan. Karena SDM berarti mengatur, mengurus, mengawasi kegiatan operasional berdasarkan visi perusahaan agar tujuan yang sudah di tetapkan dapat dicapai secara optimal.




DAFTAR PUSTAKA

Seputar ilmu. 2016. Diunduh dari: http://www.seputarilmu.com/2016/04/pengertian-tujuan-ciri-dan-4-fungsi.html Di akses pukul 09.08 WIB  Tanggal 29 Mei 2017
Human capital journal. 2014. Di unduh dari : http://humancapitaljournal.com/pengertian-sumber-daya-manusia/ Di akses pukul 09.10 WIB Tanggal 29 Mei 2017 

Artikel Terkait