Friday 1 May 2015

Karakteristik Leadpreneurship

Salam Saudaraku, kali ini saya akan menyampaikan materi tentang Karakteristik Leadpreneurship selamat menyimak.



Bibit-bibit wirausahawan kini barangkali memiliki semangat serta kemampuan teknis yang memadai. Namun kedua hal tersebut tidak mencukupi, bekal lain yang mesti dimiliki diantaranya adalah kedisiplinan dan kepemimpinan.

Orang-orang yang memiliki kualitas Leadpreneurship yang tinggi adalah mereka yang mampu untuk mengubah sumber daya yang tadinya bernilai rendah menjadi sumber daya yang bernilai tinggi melalui pengambilan risiko-risiko yang terukur serta kepemimpinan yang efektif.

Karakteristik yang harus dimiliki oleh Leadpreneurship antara lain :

    • Live The Vision, berarti efektivitas kepemimpinan yang dimiliki oleh seorang leadpreneur berawla dari visi yang menarik, menantang, serta dapat dipercaya, yang mampu disampaikan secara jelas untuk kemudian dibagi bersama dengan para karyawannya sehingga menjadi kekuatan pendorong agar perusahaan bisa terus berkembang dan maju.
    • Encourge, faktor lain yang menentukan efektivitas kepemimpinan seorang Leadpreneur adalah kemampuannya untuk memberikan inspirasi atau dorongan (encourge) orang-orang disekelilingnya dengan harapan, keberanian, serta keyakinan. Ia harus membuat orang lian di sekitarnya menjadi mampu melakukan sesuatu yang seharusnya mereka lakukan.
    • Arrange, Faktor pendukung efektivitas berikutnya adalah pengaturan (arrange) dan perencanaan dalam bentuk penjabaran program dan aktivitas. Seorang Leadpreneur  harus memiliki kemampuan merancang, merencanakan, mengorganisasikan, dan megimplementasikan proyek-proyek serta tugas dalam kerangka waktu tertentu.
    • Direct, yang terakhir adalah kemampuan mengarahkan (direct) para karyawan agar tetap berada dalam jalur yang benar dalam rangka tercapainya visi dan misi yang telah ditetapkan.
Jadi kesimpulannya adalah Leadpreneur sebagai pemimpin adalah seorang yang bukan hanya sekedar menjalankan sesuatu dengan benar tetapi lebih pada seseorang yang menemukan sesuatu yang benar untuk dilaksanakan dengan benar pula.



Demikian materi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua sehingga membuat artikel ini menjadi sebuah ladang amal. Aamiin.

Artikel Terkait