Sunday 10 May 2015

Mentoring

Meneladani Akhlaq Rasulullah SAW

Hal yang paling mendasar yang dapat diteladani dari Rasulullah SAW itu meliputi 4 sifat yaitu :

1. Sidiq memiliki pengertian bahwa Rasulullah SAW selalu benar (jujur) dalam ucapannya. Kebenaran ucapan ini dilakukan bukan hanya setelah beliau diangkat menjadi nabi dan rasul, namun jauh sebelum itu semenjak masa kanak-kanak beliau tidak pernah berbohong sehingga mendapat gelar Al-AMIN.

2. Amanah (yang dapat dipercaya), mempunyai pengertian bahwa Nabi SAW selalu menjaga amanah yang diembannya. Tidak menggunakan wewenang dan otoritasnya sebagai nabi dan rasul atau sebagai pemimipin bangsa Arab untuk kepentingan pribadinya atau kepentingan keluarganya, namun yang dilakukan beliau semata untuk kepentingan islam dan ajaran Allah SWT.

3. Tabligh sifat ini mempunyai pengertian bahwa Rasulullah selalu menyampaikan segala sesuatu yang diwahyukan Allah kepadanya meskipun terkadang ada ayat yang mendapat yang substansinya menyindir beliau seperti yang tersurat dalam surat Abbas, dimana Rasulullah mendapat teguran langsung dari Allah pada saat Rasulullah memalingkan mukanya dari Abdullah Ummu Maktum yang meminta diajarkan suatu perkara, sama sekali tidak disembunyikan oleh beliau. Beliaupun tidak merasa khawatir reputasinya akan rusak dengan sindiran Allah tersebut, justru sebaliknya para sahabat tambah meyakini akan kerasulan beliau.

4. Fatonah (cerdas, intelek) adalah suatu keniscayaan untuk para nabi dan rasul karena tidak mungkin Rasulullah bisa menyampaikan wahyu berupa Al-Qur'an yang sedemikian banyaknya hingga mencapai 6.666 ayat dan 323.670 huruf tanpa ada yang salah dan keliru satupun. Jika beliau tidak mempunyai fondasi intelektual yang tinggi hal itu mustahil terjadi.

Definisi Akhlaq  

Ada dua pendekatan untuk mendefinisikan akhlaq, yaitu pendekatan linguistik (kebahasaan) dan pendekatan terminologi (peristilahan).

1. Akhlaq menurut bahasa.
Akhlaq menurut bahasa arab yakni khuluqun yang diartikan budi pekerti, perangai, tingkah laku, atau tabiat. Kalimat tersebut mengandung segi-segi persesuaian dengan perkataan khalakun yang berarti kejadian, serta erat hubungan dengan khaliq yang berarti pencipta dan makhluk berarti kejadian, serta erat hubungan dengan khaliq yang berarti pencipta dan makhluk yang berarti diciptakan. Perumusan pengertian akhlaq timbul sebagai media yang memungkinkan adanya hubungan baik antara khaliq dengan makhluk dan antara makhluk dengan makhluk.

2. Menurut Terminologi (istilah syara')
Adalah sifat yang melekat dalam jiwa seseorang yang menjadikan ia dengan mudah tanpa banyak pertimbangan lagi.

Pergaulan Secara Islami

1. Mengucapkan salam ketika bertemu dengan teman atau orang lain sesama muslim, ucapan salam adalah do'a. Berarti dengan ucapan salam kita telah mendoakan teman tersebut.

2. Meminta Izin
Meminta izin disini dalam artian kita tidak boleh meremehkan hak-hak atau milik teman apabila kita hendak menggunakan barang milik teman maka kita harus meminta izin terlebih dahulu.

3. Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
4. Bersikap santun dan tidak sombong
5. Berbicara dengan perkataan yang sopan
6. Tidak boleh saling menghina
7.Tidak boleh saling menghina
8. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
9. Mengajak untuk berbuat kebaikan

Pengertian Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS)

Zakat menurut bahasa berasal dari bentukan kata zaka yang berarti suci, baik, berkah, atau tumbuh dan berkembang.
Sedangkan menurut istilah adalah nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula.

Infaq menurut bahasa berasal dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan sesuatu (harta) untuk kepentingan sesuatu.
sedangkan menurut istilah adalah mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran islam.

Nisab Zakat adalah telah mencapai batas minimal bayar zakat.

Khiyar ialah hak memilih bagi si penjual dan si pembeli untuk meneruskan jual belinya atau membatalkan karena adanya sesuatu hal.

Muamalat adalah merupakan bagian dari hukum islam yang mengatur hubungan antara seseorang dan orang lain.

Ijarah adalah transaksi tertentu terhadap suatu manfaat yang di tuju bersifat mubah dan dapat dimanfaatkan dengan imbalan tertentu.

Syirkah adalah persekutuan antara 2 orang atau lebih yang bersepakat untuk bekerjasama dalam suatu usaha yang keuntungan atau hasilnya untuk mereka bersama.

Q.S Tentang Shalat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya "sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan atau perilaku keji dan munkar".

Shalat Jenazah
Hukumnya Fardhu Kifayah
urutannya:
dilakukan dengan 4x takbir
takbir pertama membaca Al-fatihah
takbir kedua membaca shalawat
takbir ketiga membaca do'a untuk jenazah
takbir keempat membaca do'a umum
salam

Dakwah

Pengertian dakwah yaitu  Mengajak.
Maksud dakwah adalah mengorbankan waktu, harta serta diri untuk berjuang di jalan Allah SWT.
Keuntungan : Sebagai untuk islah diri sehingga membuat kita menjadi lebih baik.


Artikel Terkait