Wednesday 10 May 2017

Pengertian Manajemen Perkantoran

A. Pengertian Manajemen Perkantoran

Dalam perkembangannya pengertian antara manajemen perkantoran (office management) dengan administrasi perkantoran (office administration) sering diartikan sepadan dan keduanya diartikan silih berganti dipergunakan dalam arti yang sama, meskipun dalam sejarah perkembangannya istilah administrasi lebih banyak dipergunakan dalam urusan - urusan negara, sedangkan istilah manajemen lebih banyak dipergunakan dalam urusan - urusan perusahaan, namun perkembangan terakhir manajemen lebih luas dipergunakan dalam urusan negara.

Dengan mengikuti kelaziman itu, dalam uraian selanjutnya tidak akan diperbedakan istilah office management dengan office administration, yang lebih penting diterangkan adalah pengertian kedua istilah tersebut secara jelas.

Mengenai pengertian office management terdapat beberapa definisi yang dapat disampaikan, antara lain :

1. George R. Terry dalam bukunya "Office Management and Control" menyatakan bahwa manajemen perkantoran dapat di definisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan - tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu. Ini bersangkut paut dengan peredaran hidup data dan keterangan perusahaan dan sejak penciptaannya melalui pemeliharaan, penyebaran, dan penyimpanannya kalau memiliki nilai tetap atau pemusnahannya bila telah usang.

2. Littlefleid & Paterson dalam bukunya "Modern Office Management" menyatakan bahwa istilah manajemen perkantoran akan dipakai dalam arti luas, demikian itu di dalam buku ini. Ini akan dianggap meliputi manajemen mengenai pekerjaan perkantoran dimanapun dan oleh siapapun.

3. Arthur H. Grager dalam bukunya, "National Office Association Rapor" manajemen perkantoran adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu organisasi.

Dari definisi - definisi di atas maka dapat di simpulkan bahwa manajemen perkantoran adalah suatu fungsi tertentu yang merupakan rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan mengawasi dan mengendalikan sampai kepada kegiatan menyelenggarkan secara tertib suatu pekerjaan sehingga tercapai tujuan, baik tujuan secara organisasi negara maupun perusahaan.

Sedangkan pengertian kantor adalah suatu unit organisasi yang berfungsi memberikan pelayanan kegiatan tatausaha dan kegiatan lainnya untuk keperluan manajamen dalam usahanya mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumber daya manusia dengan segala fasilitas dan perlengkapannya dalam fungsi pelayanan sehingga tercapai tujuan kantor yang telah direncanakn sebelumnya.  

Artikel Terkait