Wednesday 10 May 2017

Pekerjaan Kantor (Office Work)

Menurut Leffingwel dan Robinson, pekerjaan perkantoran dapat dirinci dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

1. Receiving, dispatching, and shipping orders (menerima pesanan-pesanan, mengantarkan                     mengirimkannya).
2. Billing (membuat rekening).
3. Correspondence, dictation, typing (surat-menyurat, mendikte dan mengetik).
4. Passing credit and collecting outstanding accounts (menyampaikan hutang dan mengumpulkan           perhitungan-perhitungan yang belum diselesaikan).
5. Filing (menyimpan warkat).
6. Handling, distributing, and disptching mail (mengurus, membagi-bagi dan mengirimkan surat-surat     pos).
7. Duplicating and addresing work (memperbanyak warkat dan membubuhkan alamat).
8. Making records, noting down desired data (membuat warkat-warkat, mencatat data yang                     diinginkan).

Sedangkan menurut George R. Terry :

1. Typing (mengetik) 24,6%
2. Calculating            19,5%
3. Checking               12,3%
4. Filing                     10,2%
5. Telephoning           8,8%
6. Duplicating            6,4%
7. Mailing                  5,5%
8. Other (lain - lain)  12,7%

Dari perincian pekerjaan-pekerjaan tersebut, maka seorang sekretaris harus menguasai keterampilan-keterampilan dan mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut secara profesional.

Artikel Terkait